Selamat Datang

Selamat Datang
Lumayan

Cari Blog Ini

Minggu, 01 Januari 2012

Warung Kopi Pak Bacok


oleh Firanda Anda pada 27 Desember 2011 pukul 13:39

Pontianak, Minggu. 25 Desember 2011, Pagi yang cerah, di hari minggu jalanan lenggang akan aktivitas kendaraan bermotor  roda dua dan roda empat, terutama di jalan Imam bonjol dan jalan tanjungpura, perlahan kami. menuju pasar rakyat dikota Pontianak yang lebih di kenal dengan pasar tengah, sepanjang jalan hanya deretan pertokoan yang memanjang disisi ruas jalan baik sebelah kanan dan sebelah kiri jalan. Sebagian besar pertokoan tersebut tutup, mungkin hari libur atau menjelang natal di kota Pontianak.

Di pasar tengah merupakan pasar rakyat yang menjual segala kebutuhan masyarakat kota Pontianak, pasar ini merupakan sebagian pasar-pasar lainnya yang ada di Pontianak, disini harga biasanya tidak terlalu mahal barang yang di perdagangkan, dari barang model baru, bekas dan rongsokan sekalipun, Uniknya pasar ini di kelola oleh masyarakat sendiri tidak seperti di Moll.

Setelah sampai, kami memakirkan kendaraan, jalanan yang agak becek sedikit karena genangan air, memasuki lorong kecil kiri kanannya para pedagang,  kemudian masuklah ke pasar tengah, ditengah-tengah hiruk pikuk pedagang dan pembeli, terdapat sebuah warung kopi paporit mereka para pedagang untuk sarapan pagi, melakukan bisnis  atau sekedar menyapa sesame sahabat, teman dan saudara disana, suasana akrab diantara pengunjung terlihat di wajah dan canda tawa para pengunjung. Menariknya seolah-olah mereka semua saling kenal mereka di dalam warung kopi tersebut,  mereka yang terdiri dari pedagang kelontong, pedagang besi bekas, pedagang barang bekas mulai dari onderdil motor, hp, pakaian rombengan Malaysia, pedagang ikan, pedagang sepatu, pedagang jam tangan, pedagang sembako, pedagang makanan, pedagang maianan, pedagang burung, kuli bangunan, tukang las, dengan berbagai eknik mulai dari melayu, jawa, Madura, padang cina, dayak dan lain-lainnya.

Namanya Warung Kopi Pak Bacok, jalan Mahakam 2, Pontianak, warung kopi yang mempunyai cirri khas kerakyatan, disini dijual kue-kue rakyat, seperti goreng pisang, apam, cucur, nagesari, kue blodar dan banyak lagi, dihitung-hitung ada 14 macam jenis kue hasil buatan tangan dari rakyat, uniknya ada kopi pancong, kopi setengah gelas, lebih unik lagi kita bisa membeli rokok perbatang pada penjaga toko.dengan gaya rakyat.Rp 5000,- sudah cukuplah segelas kopi pancong, 3 kue dan sebatang rokok ketengan.

Warung kopi Pak Bacok, berdiri sudah 15 tahun lamanya di pasar tersebut, mulai dari kecil sekarang sudah besar, dari pengunjung 10 orang, sekarang sudah bisa menampung 40 orang, sungguh menjadi tempat mereka para pedagang di pasar tengah untuk berkumpul melepas lelah serta negosiasi ala pasar kelontong. Kehidupan dan suasana pasar rakyat terasa hidup, nyata dan penuh kesahajaan, walupun kesibukkannya tak kalah sama pasar modern.

Warung kopi ala rakyat ternyata menyimpan mahnet yang berbeda dengan warung kopi modern, suasana sederhana, tidak ada formalitas ala borjois, pakaian mereka juga berbeda, wajah-wajah rakyat tampak dari mereka, cara mereka minum, makan dan duduk menunjukkan inilah rakyat Indonesia yang sebenarnya, tanpa basa basi , tanpa intrik politik, satu tujuan mereka berkumpul atau berdagang.

Firanda.



1 komentar:

  1. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya SERI WAHYUNI, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren Inti Tunggal.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada H.ERLANGGA atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>SOLUSI TEPAT KLIK DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin.Atau Hub No : 085- 298- 609-998. H.ERLANGGA.

    BalasHapus