Selamat Datang

Selamat Datang
Lumayan

Cari Blog Ini

Jumat, 12 November 2010

"DISKUSI KOMISI YUDISIAL'

Firanda Anda pada 30 September 2010 jam 22:53.

Nara Sumber: Dr. Hermansyah.SH.
Tema” Mengkaji Peran dan Fungsi Komisi Yudisial”

Sekarang ini telah dipersiapkan para dewan komisioner Yudisial yang mengisi kekosongan habis masa bakti /jabatan para anggota komisioner lembaga Komisi Yudisial, untuk menyikapi peran dan fungsi keanggotaaan pemilihan /penjaringan yang anggota baru.
Salah satu calon dari Kalimantan Barat yang selama ini masih bertahan pada tahap pemilihan yaitu Dr. Hermansyah.SH. beliau salah seorang Akademisi, yang kegiatannya mengajar beliau juga sering menjadi nara sumber media kalbar yang harapan mampu memberi pencerahan hukum kepada semua pihak dikalimantan barat terutama masyarakat.

Peran Dr.Hermansyah SH, juga dikalangan para aktivis dan masyarakat telah member simbangsih yang cukup signifikan, terutama beliau sering mengikuti kegiatan seminar sebagai pembicara , saksi ahli pidana kasus sawit di sanggau, Analisis hukum pidana berbentuk (exsaminasi Kasus) serta mengarang beberapa buku yang telah diterbitkan.

Peran sebagai akademisi dan praktek lapangan khususnya turut serta dalam proses peradilan pidana di pengadilan telah beliau lalui, pemahaman yang bersandasarkan teori dan praktek peradilan menjadi sebuah bagian femikiran beliau, sehingga layak menjadi salah satu bagian komisioner yang dapat membawa angin segar bagi Komisi Yudisial.

Dari kegiatan ini paling tidak ada pemahaman bagi kami serta melihat kesiapan bapak Hermansyah dalam fungsi dan perannya dalam melakukan peran Komisi Yudisial prespektif logika dan kesanggupan Dr. Hermsyah.SH. Ada harapan masa depan proses perbaikan sistim pengawasan dan peradilan.

Kondisi Sekarang Komisi Yudisial

Komisi Yudisial sekarang ini sedang dalam kefakuman disebabkan belum ada anggota komisioner, kenggotaan komisioner di pilih oleh anggota Dewan DPR RI pada komisi 3. Yang membidangi hukum dan perundang-undangan. Dapat dikatakan sekarang ini para calon komisioner yudisial berjumlah 14 orang salah satunya Bapak Dr. Hermansyah SH.

Sebuah dukungan di perlukan untuk perubahan

Perubahan terhadap orgnisasi Komisi Yudisial sngat penting demi menciptakan peradilan yang sangat diperlukan, kondisi ini harus didorong maksimal dalam harapan bersama terciptanya keadilan dan penegakkan hukum. Orang-orang baru yang bersih dengan catatan kerja yang baik dilingkungan kerja serta pengabdian masyarakat sangat penting, catatan bersih dari tindak kejahatan korupsi, penyelewengan dan peka melihat situasi dan kondisi masyarakat serta pemerinthan, terlebih lagi nuansa politik yang keras dengan segala macam pertarungan kepada kepentingan.

Kecerdasan , keberanian, siap menderita dan logika yang bersih akan membawa suatu intitusi dan lembaga menuju kemajuan yang diharapkan. Pertarungan politik di tingkat nasional dengan berbagai dekandensi membawa seseorang menjadi kuat dan lemah, maka indicator diatas kami anggap tepat bagi individu yang harus duduk di komisioner Yudisial.

Maka diperlukan kesungguhan dari anggota Dewan Komisi 3 yang menentukan penilian baik dan tidak baiknya Komisi Yudisial, dukungan masyarakat melalui berbagai macam penyuaraan harus dilakukan secara intensif terhadap DPR kita. Ada harapan bersama pemulihan dan penguatan lembaga Negara sebagai indicator perekat , kokohnya Negara, pemerintahan dan rakyat. Kondisi Negara dalam instabilitas diberbagai sector kehidupan masyarakat yang berawal dari tidak kuatnya lembaga Negara dan pemerintahan yang menyebabkan kekacauan social dan hukum.

Pontianak. 30 September 2010.


Firanda.

Catatan:
Berikut Komposisi Komisi 3 DPR RI:

DR. BENNY KABUR HARMAN, SH (PD) Ketua Ir. H. TJATUR SAPTO EDY, MT (PAN) Wakil Ketua DR. AZIS SYAMSUDDIN (GOLKAR) Wakil Ketua FAHRI HAMZAH, SE (PKS) Wakil Ketua

Anggota :

PAN : YAHDIL ABDI HARAHAP,SH,MH TASLIM, S.Si H ANDI ANZHAR CAKRA WIJAYA DRS.H. ACH RUBAIE,SH,MH

PKB : IR. H.M. LUKMAN EDY, M.S.i BACHRUDIN NASORI, S.Si, MM PEGGI PATRICIA PATTIPI

HANURA : H. SYARIFUDDIN SUDDING, SH, MH SUSANINGTYAS NEFO HANDAYANI KERTAPATI

GOLKAR : H. CHAIRUMAN HARAHAP, SH, MH H. NUDIRMAN MUNIR, SH DR. H. DEDING ISHAK, SH, MM HJ. DEWI ASMARA, SH H. BAMBANG SOESATYO, SE, MBA I GUSTI KETUT ADHIPUTRA, SH Drs. SETYA NOVANTO ANDI RIO IDRIS PADJALANGI, SH, M.Kn ADITYA ANUGRAH MOHA, S.Ked

GERINDRA : MARTIN HUTABARAT RINDHOKO, SH, M.Kum DESMOND JUNAIDI MAHESA

PPP : AHMAD YANI,SH,MH ACHMAD DIMYATI N., SH, MH, M.Si DRS. H. AHMAD KURDI MOEKRI H. M. ADITYA MUFTI ARIFFIN, SH

PDIP : PANDA NABABAN TRIMEDYA PANJAITAN, S.H., M.H. MURDAYA WIDYAWIMARTA POO Drs. H. SETIA PERMANA Drs. M. NURDIN, MM Drs. H. IMAM SUROSO, MM PROF.DR. TOPANE GAYUS LUMBUUN, SH, MH ASDI NARANG, SH,M.COMM.LAW HERMAN HERY

DEMOKRAT : RUHUT POLTAK SITOMPUL, SH EDI RAMLI SITANGGANG, SH H. DASRUL DJABAR DRS. EDDY SADELI,SH HJ. HIMMATUL ALYAH SETIAWATY SH.MH H. DADAY HUDAYA, SH., MH H. HARRY WITJAKSONO,SH SAAN MUSTOFA DIDI IRAWADI SYAMSUDIN.SH, LL.M H. SUHARTONO WIJAYA, SE., MBA MUHAMMAD NAZARUDDIN, SE DR. PIETER C.ZULKIFLI SIMABUEA, MH SUTJIPTO,SH.,M.KN

PKS : H. MUHAMMAD NASIR DJAMIL, S.AG KH. BUKHORI,LC. MA DRS. H.ADANG DARADJATUN H. TB. SOENMANDJAJA, SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar