Selamat Datang

Selamat Datang
Lumayan

Cari Blog Ini

Rabu, 18 Agustus 2010

"Bukan Pesimis Tapi Kecewa"

"Bukan Pesimis Tapi Kecewa"

Allah kadang menguji manusia, dengan bencana seperti yang ada di zaman 25 nabi, peristiwa yang mengharu biru kemanusiaan kita, cerita yang ada di Al Qur"an dan fakta penemuan arkeologi diwilayah para nabi tinggal telah membuktikan, betapa dahsyatnya sebuah bencana, memang nyata dari sebuah kehancuran akan tumbuh tunas kembali dan tidak disangkal lagi bencana yang terjadi karena ulah manusia, Dalam Al Qur’an, Allah SWT berfirman: Ar Ruum . ayat 41. Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) “ . Namun saya kira tunas-tunas itu akan hancur apabila datang waktu yang di janjikan,

Kukira hendaknya pesimisme hidup bukan jalan manusia, walaupun terkadang masih ada segelintir manusia yang memandang dengan kecewa terhadap peristiwa atau penomena sebuah kejadian, bahwa kehati-hatian menjadi sunah bahkan bisa menjadi perintah jika melihat pentingnya kehati-hatian dalam memandang kenyataan hidup yang terjadi. karena terlalu banyak sumpah-sumpah palsu , Dalam Al Qur’an, Allah berfirman: Surah. At Taubah, Ayat :107 [660]. Mereka Sesungguhnya bersumpah: "Kami tidak menghendaki selain kebaikan." Dan Allah menjadi saksi bahwa sesungguhnya mereka itu adalah pendusta (dalam sumpahnya).

Sadar atau tidak sadar kita ngeri meilihat kenyataan bencana itu, lihatlah kasus Sunami aceh, Kerusuhan social, bencana perang, gempa bumi di jawa tengah dan Jogjakarta, bancir yang menghantam pertanian, Kasus Lumpur lapindo berantas, pesimisme (Kecewa) kita melihat kondisi pemerintah dan sebagian manusia yang rakus terhadap alam dan kehidupan tanpa memandang dampak kehidupan. Dalam Al Qur’an, Allah berfirman: Surah An Nahl, ayat: 45. maka apakah orang-orang yang membuat makar yang jahat itu, merasa aman (dari bencana) ditenggelamkannya bumi oleh Allah bersama mereka, atau datangnya azab kepada mereka dari tempat yang tidak mereka sadari,”

Bahwa bencana bukan hanya menimpa pelaku kejahatan(Orang Jahat) , namun juga menimpa manusia yang baik-baik juga, Ibu-ibu hamil, bayi-bayi kecil dan anak –anak yang masih membutuhkan kehidupan yang kita sebut dengan tunas-tunas di permukaan bumi, Dalam Al Qur’an Allah berfirman, Surah Al A'raaf ayat 168. “Dan Kami bagi-bagi mereka di dunia ini menjadi beberapa golongan; di antaranya ada orang-orang yang saleh dan di antaranya ada yang tidak demikian. Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran).”

Pesimisme(Kecewa) kita bukan tidak berdasar, seperti yang tersebut di atas, bencana alam dapat kita lihat di layar kaca atau surat kabar, Dalam Al Qur’an, Allah berfirman, Surah Surah Ali 'Imran ayat, 137. Sesungguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah[230]; Karena itu berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).

Berjuang tentu mengalami pasang surut mental dan fikiran manusia, setengah kecewa setengah lagi berharap akan perubahan menuju kebenaran, pokoknya bersandar pada Allah dan Nabi Muhammad dengan cara bersabar dan percaya akan janji-janji Allah, Dalam Al Qur’an , Allah berfirman, Surah Ali 'Imran. Ayat:120. Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi Jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.”

Jadi pesimisme dalam dalam hidup tidak ada dalam kamus manusia, sebab manusia telah di tunjuk Allah SWT mengurus kehidupan didunia ini, Konsekwensinya terdapat baik buruk pengurusan alam ini, selayaknya kita terus berjuang menuju kebenaran kebaikan hidup selaku manusia demi kelangsungan hidup tunas-tunas tersebut, penyadaran atas prilaku yang tidak benar harus terus dikumandangkan dan di perjuangkan dengan cara dan kemampuan kita sebagai manusia. Cara yang terbaik sesuai dengan kesangguapan kita sebagai individu.
Akhir kata, Tidak ada pesimisme yang ada hanya kecewa dan tidak melupakan usaha-usaha untuk merubah kepada jalan yang benar. Amin.
Pontianak, 16 Juni 2010.
Penulis.

Firanda
(Kontak Rakyat Borneo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar